Latest News

Cara Memilih Kursi Kantor yang Baik dan Membuat Tubuh Sehat


Kursi Kantor
Pada artikel sebelumnya, telah dijelaskan mengenai pengaruh ketinggian kursi terhadap produktivitas dalam bekerja. Akan tetapi, untuk memaksimalkan produktivitas dalam bekerja ada faktor-faktor lain yang patut dipertimbangkan dalam memilih kursi kantor yang ergonomis. Beberapa faktor lain yang harus dipertimbangkan antara lain :

Pilihlah kursi kantor yang memiliki sandaran untuk lengan
Sebagian orang menganggap detail ini kurang penting dalam pemilihan kursi beberapa bahkan mengabaikan sandaran untuk lengan karena dianggap mengganggu atau membuat sesak saat duduk. Namun, tahukah Anda kalau ternyata sandaran untuk lengan di kursi memiliki manfaat yang sangat vital bagi tubuh? Adanya sandaran untuk lengan dapat menghindari postur tubuh menjadi bungkuk dan mengurangi ketegangan sendi pada bahu dan leher. Anda dapat menggunakan sandaran ini jika lengan terasa lelah saat bekerja. Sebaiknya, posisikan sandaran kursi untuk lengan hingga membuat siku Anda membentuk sudut siku-siku atau 90 derajat.

Pilihlah kursi kantor dengan sandaran badan yang membentuk tulang punggung
Sebagian orang menganggap lekukan pada sandaran tubuh di kursi kurang bermanfaat bagi tubuh. Namun, anggapan tersebut salah besar. Dengan adanya lekukan pada sandaran tubuh di kursi, dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks saat bekerja. Selain itu lekukan ini juga dapat menjaga postur tubuh Anda agar tidak menjadi kifosis ataupun lordosis. Sebaiknya, pilihlah kursi yang memiliki sandara berlekuk dan memiliki pegas agar dapat disesuaikan dengan bentuk tulang belakang Anda.

Perhatikan posisi dudukan dan bantalan pada kursi kerja Anda

Bantalan merupakan komponen penting dalam kursi karena akan membuat kursi menjadi empuk dan lebih nyaman saat digunakan. Namun posisi dudukan pun tidak kalah penting. Usahakan posisi dudukan dan sandaran tidak membentuk sudut siku-siku atau 90 derajat secara langsung karena akan mengakibatkan rasa pegal pada tulang ekor. Selain itu, pilihlah kursi dengan bantalan yang baik untuk menghindari tegang pada tulang ekor yang dapat berakibat fatal bagi tubuh Anda.

1 Response to "Cara Memilih Kursi Kantor yang Baik dan Membuat Tubuh Sehat"