Latest News

Tips Memiliki Mobil Pribadi di Usia Muda

Mobil Pribadi Usia Muda

Setiap orang bekerja keras untuk tujuan yang berbeda-beda. Ada orang yang bekerja keras untuk menambah pundi-pundi kekayaan. Ada orang yang bekerja keras untuk investasi dalam jangka panjang. Ada pula orang yang bekerja keras untuk mendapatkan benda-benda yang diinginkan. 

Mobil merupakan benda yang menjadi alasan banyak orang bekerja keras. Di Indonesia, mobil merupakan benda yang menjadi parameter atau tolok ukur bagi kesuksesan dan gengsi bagi seseorang. Orang-orang yang sudah memiliki mobil pribadi dianggap sebagai orang yang sukses, apalagi jika orang tersebut masih berada pada usia muda. Namun, tidak perlu menunggu sukses untuk membeli mobil pribadi. Mobil pribadi dapat dimiliki sembari berjuang meraih kesuksesan. 

Di bawah ada tips-tips yang dapat diterapkan agar impian memiliki mobil pribadi di usia muda dapat terwujud. 

·         Tentukan Anggaran
Anggaran memegang peran yang penting dalam mewujudkan impian memiliki mobil di usia muda. Anggaran yang dimiliki dapat memengaruhi jenis mobil yang akan dibeli, jenis pembayaran, serta besarnya uang muka. Anggaran yang harus ada untuk mendapatkan mobil pribadi adalah anggaran untuk uang muka. Anggaran muka yang ideal adalah mencakup 20% dari harga mobil. Sedangkan, anggaran untuk setoran mobil yang ideal adalah tidak lebih dari 20% dari pendapatan bulanan. Jika anggaran tersebut belum mencukupi, ajukan saja pinjaman online tanpa jaminan pada lembaga keuangan tertentu. 

·         Tentukan Jenis Pembayaran
Jika anggaran yang dimiliki sudah dikalkulasikan, maka tentukan jenis pembayaran mobil. Pilihlah jenis pembayaran yang sesuai dengan kemampuan finansial. Sebaiknya jangan membeli mobil dengan cara kredit karena ada cicilan yang setiap bulan harus dibayar. Cicilan tersebut disertai bunga dan denda jika tidak membayar tepat waktu. Bahkan, beberapa perusahaan leasing mobil akan menarik kembali mobil jika cicilan tidak dibayar hingga batas waktu yang ditentukan. Selain itu, jika dikalkulasikan, mobil yang dibeli dengan cara kredit memiliki selisih harga mencapai setengah harga mobil dibandingkan dengan membeli mobil dengan cara tunai. Belilah mobil secara tunai namun menggunakan uang yang didapatkan dari dana pinjaman tanpa jaminan karena besarnya cicilan dan bunga dana pinjaman jauh lebih kecil dibandingkan biaya kredit mobil. 

·         Tentukan Jenis Mobil
Jika sudah mendapatkan uang untuk membeli mobil, maka tentukan jenis mobil yang diinginkan. Pastikan untuk memilih mobil dengan seksama. Jangan memilih sembarang jenis mobil karena harga yang murah atau model yang menarik. Lakukan riset secara mendalam tentang mobil yang diinginkan. Riset tersebut dapat dilakukan dengan membandingkan merek, model, dan tujuan pemakaian mobil. Tentukan pula batasan minimal dan maksimal dari harga mobil tersebut. Jangan memaksakan diri untuk membeli mobil yang melebihi anggaran yang dimiliki. 

·         Pilih Mobil yang Hemat Bahan Bakar
Anggaran untuk mobil pribadi tidak hanya mencakup harga mobil tersebut, tetapi juga bahan bakar. Bahan bakar merupakan nyawa dari mobil. Tanpa ada bahan bakar, mobil tidak akan bisa digunakan. Oleh karena itu, pilihlah mobil yang hemat bakar. Hal ini dapat memengaruhi uang yang dikeluarkan di masa depan. Jangan sampai memilih mobil yang boros bahan bakar karena bisa menyebabkan pengeluaran membengkak di kemudian hari. Sekarang sudah ada banyak mobil dengan harga yang terjangkau dan irit bahan bakar walau kapasitas mesinnya kecil. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli untuk memilih mobil dengan penggunaan bahan bakar yang hemat. 

·         Pilihlah Mobil dengan Kapasitas yang Cukup
Untuk memilih mobil dengan kapasitas yang cukup, maka tentukan alasan mengapa membeli mobil. Pertimbangkan mobil tersebut untuk penggunaan pribadi atau penggunaan keluarga. Hal ini dikarenakan mobil pribadi dengan mobil keluarga memiliki fasilitas yang berbeda. Mobil keluarga biasanya memiliki kapasitas kabin serta bagasi yang lebih besar dibandingkan mobil pribadi. Jika mobil digunakan untuk keperluan sehari-hari atau bepergian dalam jarak yang dekat, pilih saja mobil pribadi. 

·         Pilihlah Mobil dengan Onderdil yang Mudah Didapat
Mobil sama seperti tubuh manusia. Tidak selamanya mobil dalam keadaan prima. Pasti ada saja masalah yang menimpa mobil, terutama jika mobil tersebut sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Solusi yang paling tepat untuk mobil yang bermasalah adalah dengan mengganti onderdil mobil yang lama dengan onderdil mobil yang baru. Onderdil mobil bukanlah sesuatu yang tersedia di semua tempat. Oleh karena itu, pilihlah jenis mobil yang onderdilnya mudah didapatkan. Di Indonesia, mobil yang onderdilnya mudah didapatkan di seluruh Indonesia adalah mobil yang diproduksi oleh Jepang seperti Toyota, Daihatsu, Nissan, dan Mitsubishi. Selain mudah didapatkan, onderdil mobil keluaran Jepang dijual dengan harga yang terjangkau. Sedangkan, mobil-mobil yang diproduksi oleh negara-negara Eropa atau Amerika memiliki onderdil yang cenderung susah dicari dan harganya mahal. Onderdil untuk mobil yang berasal dari Eropa atau Amerika hanya ada di kota-kota besar serta negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. 

·         Pilihlah Mobil dengan Cabang Bengkel Resmi yang Mudah Ditemukan
Perawatan atau servis merupakan hal yang wajib untuk mobil, apalagi jika mobil tersebut digunakan setiap hari. Perawatan bertujuan untuk meningkatkan performa mobil serta mendeteksi masalah yang terjadi pada mobil. Perawatan yang ideal harus dilakukan pada cabang bengkel yang resmi. Sehingga, perawatan atau perbaikan dapat dilakukan sesuai dengan prosedur yang sebenarnya dan dapat dipercaya kualitasnya. Jika menginginkan perawatan yang berkualitas, sebaiknya pilihlah mobil yang memiliki cabang bengkel resmi yang mudah ditemukan dan tersebar hingga ke kota-kota kecil. Mobil yang memiliki cabang bengkel resmi yang mudah ditemukan adalah mobil yang dikeluarkan oleh Jepang. Hal ini dikarenakan mobil keluaran Jepang memiliki jumlah pengguna yang banyak di Indonesia. 

·         Pilihlah Mobil dengan Model yang Baik
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa mobil dapat menunjukkan derajat seseorang di mata masyarakat. Setiap perusahaan mobil pasti memproduksi mobil dengan model yang berbeda. Bahkan, model mobil dapat memengaruhi citra dari pengendara. Jika menginginkan kesan yang elegan serta mewah, pilihlah mobil berjenis sedan dengan badan yang mengkilap. Sedangkan, mobil berjenis SUV cocok untuk pengendara mobil yang ingin tampil gagah. Jangan ragu untuk mencari referensi di internet atau bertanya pada ahli otomotif untuk mendapatkan mobil dengan model yang sesuai dengan karakter. 

·         Pilihlah Mobil dengan Harga Jual yang Stabil

Mobil yang ideal adalah mobil dengan harga jual yang tinggi atau stabil. Hal ini dikarenakan ada saatnya mobil harus dijual untuk mendapatkan tambahan dana. Ada pula mobil yang dijual untuk mendapatkan mobil dengan model yang lebih baru. Mobil yang dijual dengan harga yang tinggi dapat mengurangi risiko kerugian dalam penjualan mobil. Selain itu, jika mobil yang lama ingin diganti dengan mobil yang baru, maka jumlah uang yang ditambahkan tidak terlalu besar. 

0 Response to "Tips Memiliki Mobil Pribadi di Usia Muda"