Latest News

Keunggulan Menggunakan Kalkulator Zakat Maal

Kalkulator Zakat

Zakat atau dalam bahasa Arab nya adalah zakah adalah harta tertentu yang wajib untuk dikeluarkan oleh orang yang agamanya Islam dan kemudian diberikan ke golongan yang berhak menerima seperti fakir miskin. Zakat merupakan salah satu dari rukun Islam dan menjadi salah satu dari unsur pokok syariat Islam dan memiliki ketentuan hukum yaitu fardhu. Pada dasarnya, ada 2 jenis zakat yaitu:

Zakat fitrah yang dikeluarkan oleh muslim saat Ramadhan dan dibagikan menjelang idul fitri dengan besar yaitu 3,5 liter atau setara dengan 2,7 kg makanan pokok di daerah yang bersangkutan.
Zakat maal adalah zakat yang dikeluarkan muslim yang mencakup hasil pertanian, pertambangan, perniagaan, emas, perak, hasil ternak, emas dan perak dengan perhitungan yang berbeda.

Zakat maal memiliki perhitungan yang berbeda dibandingkan dengan zakat fitrah. Perhitungannya sendiri lebih kompleks karena tidak hanya harus menghitung berapa besar dari pendapatan yang harus dikeluarkan namun juga harus menghitung nisabnya. Nisab sendiri digunakan sebagai takaran apakah Anda harus atau wajib untuk mengeluarkan zakat maal atau tidak. Jika jumlah harta yang Anda miliki tersebut melebihi dari jumlah nisab maka Anda harus membayar zakat maal.

Biasanya, untuk menghitung zakat maal Anda harus memasukkan rumus dan menghitung secara manual namun saat ini sudah ada kalkulator zakat. Jenis kalkulator yang disediakan oleh website tertentu seperti website untuk zakat ini memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan menghitung zakat maal secara manual. Pertama adalah mudah ditemukan. Anda hanya perlu untuk membuka website untuk zakat yang bisa Anda temukan dengan mudah secara online. Jika belum tahu maka Anda bisa searching atau mencari lewat halaman pencarian dan kemudian klik website tersebut dan Anda sudah bisa untuk menggunakannya.

Kedua adalah mudah digunakan. Kalkulator untuk menghitung zakat maal tersebut mudah untuk digunakan. Anda hanya perlu memasukkan angka, yang menjadi harta atau penghasilan yang Anda miliki tersebut ke kolom yang sudah ditentukan. Setelah Anda memasukkan angka yang berupa penghasilan Anda dalam 1 tahun tersebut dan kemudian klik hitung atau beberapa diantara sudah ada yang menghitung otomatis tanpa Anda perlu untuk meng-klik, maka Anda akan mendapatkan berapa besar dari jumlah penghasilan, besar nisab dan juga berapa besar zakat yang harus dikeluarkan jika ternyata harta Anda dalam 1 tahun melebihi nisab.

Ketiga adalah lebih hemat waktu. Jika biasanya Anda harus menghitung besar dari jumlah penghasilan per tahunnya, besar dari nisab dan jumlah zakat maal yang harus dikeluarkan dengan cara manual dengan menggunakan rumus khusus yang tentunya akan memakan waktu, dengan menggunakan kalkulator untuk menghitung zakat ini Anda bisa menghemat waktu dan tentunya kesalahan perhitungan untuk zakat maal juga akan lebih kecil bahkan minimal jika dibandingkan dengan menghitung secara manual.

0 Response to "Keunggulan Menggunakan Kalkulator Zakat Maal"