Latest News

Sentuhan Kreatif yang Mengubah Cara Pandang Dunia

Kreatif

Sebuah sentuhan seringkali menghasilkan beragam dampak. Ada sentuhan yang dampaknya biasa-biasa saja. Banyak pula sentuhan yang berdampak besar dan melahirkan ribuan makna. Yang jelas, kedua jenis sentuhan tersebut, bisa Anda latih agar semakin terampil.

Melatih sentuhan berarti mengasah kreativitas berpikir. Jangan buru-buru merasa tak berbakat. Tidak ada satu orang pun yang tidak memiliki bakat untuk berpikir kreatif. Penentunya hanya kecenderungan pola pikir, tingkat kesabaran, dan kemauan mencoba.

Berdasarkan kecenderungan pola pikir, Anda bisa merasakan sendiri hal-hal yang Anda sukai. Minat-minat tertentu pada berbagai hal inilah yang akan menghasilkan sebuah kreativitas. Karena minat setiap orang tidaklah sama, Anda tidak bisa menghakimi seseorang dari hasil ciptaannya.

Seorang koki yang memasak dan menghidangkan makanan, tetaplah seorang kreatif, meskipun dia bukan jago gambar. Seorang penulis laporan kerja, juga tetap disebut kreatif dengan susunan bab, penceritaan kasus, dan rangkuman analisis dalam penulisannya.

Bahkan, seorang ibu rumah tangga pun, masih termasuk orang yang kreatif. Kemampuan mereka memahami ketersediaan ruang dan menentukan tata letak sebuah barang, merupakan penegas kreativitasnya. Para ibu juga cenderung telaten merawat berbagai furnitur berbahan kayu, sehingga selalu tampak baru.

Ketiga contoh tersebut, menunjukkan bahwa kreativitas tidak selalu memisahkan fungsi kerja otak kiri atau otak kanan. Justru karena kerja otak yang sinergis, sebuah proses kreatif mampu terselesaikan dengan baik.

Oleh karena itu, selama Anda cukup bersabarmengasahdan mewujudkan minat diri, pemikiran bakat atau tidak berbakat, hanya takhayul belaka.

Memulai Sentuhan-Sentuhan KreatifSatu hal yang perlu Anda yakini tentang sentuhan kreatif, bahwa sebenarnya kreativitas itu tidak berbatas. Selama Anda memiliki keingintahuan yang besar, perasaan tertantang pada sesuatu, serta keberanian mencoba, Anda akan selalu mampu mewujudkan kreativitas sesuai kehendak Anda sendiri.

Sebuah sentuhan kreatif, juga bisa diwujudkan dengan berbagai cara. Mulailah dengan lingkungan aktivitas terdekat Anda. Pilihannya bisa di rumah maupun di dalam kamar tidur. Bisa direncanakan seminggu sebelumnya, atau pun seketika saat ide terlintas dalam pikiran.
Perbedaan sentuhan kreatif yang dipersiapkan dengan yang spontan, tentu terletak pada jumlah waktu dan tenaga yang Anda gunakan. Misalnya Anda bosan dengan wallpaper kamar tidur, Anda bisa saja mencari wallpaper baru secara spontan. Tidak butuh waktu lama untuk memasang dan menyulap kamar tidur Anda agar menjadi lebih nyaman.

Lain cara jika Anda jenuh pada barang-barang yang terserak. Penataan barang-barang, seperti buku, cakram kompak (compact disc), hingga perkakas elektronik, pastilah membutuhkan waktu lebih dari sehari.

Anda harus lebih dulu memikirkan prioritas kegunaan barang,ketersediaan ruang untuk pemindahan, sampaipengaturan ulang tata letak tempat tidur dan lemari pakaian.
Jangan lupa, beberapa barang yang Anda kira tidak berguna, ternyata masih bisa dimanfaatkan ulang. Sentuhan kreatif Andalah yang akan mengubah fungsi benda-benda tersebut, menjadi furnitur yang fungsional. Misalnya, keyboard bekas yang dikreasi menjadi tempat alat tulis, atau cakram kompak yang diubah jadi hiasan dinding.

Sentuhan Kreatif yang Menginspirasi
Setiap hal besar dimulai dari melakukan hal kecil. Makna dari semboyan ini sudah sangat jelas. Berbagai sentuhan kreatif harus dilatih dan dibiasakan, agar Anda semakin terampil mempraktikannya. Dalam jangka waktu tertentu, pasti Anda mampu mengambil manfaat dari kemampuan melatih sentuhan kreatif.

Apabila Anda masih belum tergerak, mungkin sejumlah contoh karya kreatif berikut ini bisa menggugah sentuhan Anda. Silakan disimak dan dipahami, ya.

1.    Seni Jalanan dari Oakoak
Oakoak merupakan pekerja kantoran biasa, yang berasal dari Saint Etienne, Perancis. Lingkungan rumahnya yang termasuk dalam kawasan industri berkembang, mendorong Oakoak untuk memberi sentuhan kreatif pada berbagai fasilitas umum. Keterampilannya sebagai street artist, Oakoak mencoba memodifikasi rambu lalu lintas, dinding-dinding rusak, penutup saluran air, hingga trotoar, dengan kreasi-kreasi lucu. Berbagai karya Oakoak pun mendapat apresiasi. Setiap goresannya kerap jadi objek foto, dan Kota Saint Etienne memiliki daya tarik tersendiri.

2.    Mural Bangunan yang Ceria dari Okuda San Miguel
Kiprah kreatif Okuda San Miguel, mulai diperhitungkan saat dia terlibat dalam proyek dekorasi sebuah gereja tua di Llarena, Spanyol. Gereja Santa Barbera itu, diubah Okuda dalam sentuhan gambar pop-art. Interior gereja berusia 100 tahun itu pun jadi memikat mata. Perpaduan warna-warnaceria yang merupakan keahlian Okuda, dapat pula dinikmati pada karya kreatifnya di Maroko dan Italia.
 
3.    Kampung Cyber yang Mandiri dan Sadar Teknologi
Pemerataan informasi menjadi ide utama dari terhubungnya jaringan komunikasi internet di Desa Patehan ini. Seluruh warga desa memiliki kemampuan akses internet yang baik. Berbeda dari kesan desa pada umumnya, Kampung Cyber hasil sentuhan tangan Antonius Sasongko ini, tidak mengandalkan kekayaan alam sebagai daya tarikpariwisata. Para warganya belajar dan berkembang secara mandiri,melalui kekayaan informasi di internet. Tidak heran kalau seorang Mark Zuckerberg pun, berminat membuka kerja sama dengan kemandirian Kampung Cyber.

Memaknai Sentuhan-Sentuhan KreatifSedikit sentuhan memang bisa mengubah cara pandang dunia. Penjelasan karya-karya kreatif di atas, tentu membuat Anda berpikir ulang tentang makna sebuah sentuhan. Selain memuat keindahan dan menciptakan kenyamanan, sejumlah karya kreatif tersebut juga menjadi inspirasi properti yang menarik.
 
Anda pasti terbayang untuk menjadikan karya-karya kreatif tersebut,sebagai acuan bagi hunian Anda.Sebelum Anda bergerak mencari tawaran jual properti, sebaiknya Anda menentukan dulu prioritas penggunaan properti tersebut.
 
Dengan mempertimbangkan iklim investasi properti yang sedang menggeliat, Anda sebenarnya bisa membeli sebuah rumah bernuansa kreatif, untuk disewakan atau dijual kembali.
 
Akan tetapi, pastikan dulu kalau rumah tersebut memang sudah siap dan layak ditawarkan. Artinya, jangan lupa berikan sentuhan-sentuhan kreatif Anda di dalamnya, ya. Semoga berhasil dan selamat berkreasi!

0 Response to "Sentuhan Kreatif yang Mengubah Cara Pandang Dunia"