Latest News

Penyebab Motor Matic Boros BBM

motor matic

Semakin hari pengguna motor matic selalu bertambah jumlahnya, mungkin karena kepraktisan yang diutamakan pengguna. Banyak yang bilang motor matic lebih boros daripada motor lain, apa yang menyebabkan motor matic menjadi boros ? berikut beritabanua.com kutip dari liputan6,
Motor matik jadi favorit masyarakat Indonesia. Lantaran praktis, pengendaranya tak perlu repot-repot memainkan kopling dan mengoper gigi sehingga tinggal gas.

Tapi seiring waktu, pengguna motor matik mengeluhkan sepeda motor yang menggunakan CVT dalam menyalurkan tenaga dari mesin itu, konsumsi bensinya boros.

Lantas apa penyebabnya? Berikut uraiannya:

1. Terlalu lama memanaskan mesin

Pengendara motor yang dulunya terbiasa menggunakan motor manual rasanya sudah tak heran dengan prosedur wajib ini. Mesin motor memang sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan, agar oli mesin merata pada keseluruhan mesin. Namun memanaskan mesin yang terlalu lama justru menjadikan motor lebih boros bensin.

2. Jarang ganti oli

Mengganti oli dalam waktu tertentu atau setelah kilometer tertentu memang wajib dilakukan. Bila telat akan membuat kerja mesin jadi berat. Yang akhirnya, lebih banyak bahan bakar yang terpakai untuk membuat mesin tetap bekerja.

3. Filter udara kotor

Terdengarnya remeh, namun filter udara yang kotor membuat aliran udara ke ruang bakar tidak lancar. Efeknya proses pembakaran jadi tidak sempurna, yang hasilnya bisa ditebak, boros BBM.

4. Sering gaspol

Kesalahan banyak orang adalah main gas pol untuk mendapatkan akselarasi instan. Padahal hal ini sangat mempengaruhi konsumsi BBM. Sebisa mungkin jangan putar gas dengan perlahan, jangan dadakan langsung gas kencang.

0 Response to "Penyebab Motor Matic Boros BBM"