Latest News

Apa Itu Infrastucture Fund

Infrastructure fund

Infrastructure fund atau dalam bahasa Indonesianya berarti dana infrastruktur adalah alokasi dana yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk memperbaiki atau meningkatkan infraktruktur yang ada di daerah tersebut.

Biasanya dana yang dialokasikan untuk membiayai beberapa infrasktruktur yang sudah rusak, tidak layak lagi. Di antaranya seperti memperbaiki jembatan, jalan dan gedung serta mengurai kemacetan.
Tingkat kemakmuran suatu daerah dapat tercipta dengan adanya infrakstruktur yang dibangun secara berkualitas.

Harus ada integrasi atau hubungan yang sangat baik antara infrasktruktur yang satu dengan infrastruktur yang lain. Karena dari sinilah kita dapat melihat kemampuan suatu bangsa dalam membangun daerahnya.

Sebetulnya dana yang diberikan oleh pemerintah pusat untuk perbaikan infrastruktur yang ada di suatu daerah sudah sesuai dengan anggaran yang ada di daerah yang bersangkutan. Namun sering sekali dana yang sudah dialokasikan jumlahnya tidak sama pada waktu sampai di tangan yang menerimanya. Banyak terjadi pemotongan. Oleh karena itu sering kita lihat infraktruktur yang baru saja diperbaiki sudah kembali rusak dalam waktu yang singkat.

Jalan-jalan raya banyak yang kembali berlubang, aspalnya banyak yang mengelupas. Jembatan banyak yang ambruk lagi. Gedung-gedung juga banyak yang kembali roboh tidak berapa lama setelah diperbaiki. Semua itu terjadi karena infrastructure fund yang tidak dikelola dengan sewajarnya.

Saat ini banyak sekali infrastuktur atau prasarana yang ada di seluruh Indonesia yang harus mendapatkan kucuran dana dari pemerintah pusat karena banyak yang mengalami kerusakan.
Namun dana yang ada di APBN sekarang ini sangat terbatas, tidak dapat digunakan untuk memenuhi pembangunan kembali semua infrastruktur tersebut.

Jalan lain ditempuh oleh pemerintah pusat, yaitu dengan mengundang para investor yang berasal kebanyakan dari negara luar untuk menanamkan modal atau uangnya di Indonesia. Sebagai tambahan dana untuk membiayai infrastruktur yang ada.

Supaya infrakstruktur dapat dibiayai, ada cara lain yang dapat dilakukan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini oleh bank, yaitu dengan melalui kredit yang dinamakan kredit sindikasi. Kredit sindikasi diberikan oleh lebih dari dua lembaga keuangan. Peserta kredit indikasi memiliki syarat, ketentuan dan dokumentasi yang sama. Pengadministrasiannya juga dilakukan oleh agen yang sama pula.

Dengan adanya kredit sindikasi, diharapkan infrasktruktur yang ada dapat dibantu pembiayaannya oleh bank. Portofolio bank tidak akan terganggu. Dengan melihat uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa pembangunan infrakstruktur merupakan sebuah kewajiban bagi suatu negara.  Semuanya bertujuan untuk memperbaiki sarana dan prasarana dengan tujuan akhirnya meningkatkan taraf hidup masyarakat negara tersebut. Dibutuhkan dana yang sangat besar untuk membiayainya. Sumber dananya berasal dari APBN, inverstasi dari pihak asing dan dari swasta berupa kredit sindikasi.

Sumber http://www.ptsmi.co.id Lembaga Pembiayan infrastruktur

1 Response to "Apa Itu Infrastucture Fund"