Latest News

Saat Puncak Mudik 2016 Banjarmasin Truk Besar Dilarang Beroperasi

Berita Mudik Banjarmasin 2016 - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan membuat kebijakan melarang truk angkutan berbobot besar dan melebihi kapasitas beban jalan beroperasi melintas di jalan trans kalimantan guna menghindari kemacetan dan kecelakaan saat puncak mudik sepekan menjelang lebaran.

Truk Besar Banjarmasin

     Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Perhubungan Kalsel, Sofyan AH, Jumat (24/6) di Banjarmasin. “Saat puncak mudik H-5 sampai H+3, truk angkutan berbobot besar dilarang beroperasi dan melintas di jalan trans kalimantan,” tegasnya.

     Menurutnya kebijakan ini sesuai dengan surat edaran menteri perhubungan Nomor 22/2016 yang mengatur angkutan berat dilarang melintas jalan nasional baik tol maupun nontol dan jalur wisata. Pelarangan tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan bercampurnya angkutan barang dengan arus kendaraan saat arus mudik dan balik Idul Fitri.

Namun larangan tersebut dikecualikan bagi kendaraan angkutan barang berbobot besar yang mengangkut barang kebutuhan vital seperti Bahan Bakar Minyak, hewan ternak, kebutuhan pokok, pupuk, susu murni, barang antaran pos, dan barang ekspor impor dari dan ke pelabuhan ekspor impor, serta motor untuk angkutan mudik gratis.

Surat edaran tersebut mengatur pula penutupan jembatan timbang untuk beralih fungsi menjadi tempat istirahat (rest area) bagi para pengguna jalan. Diakui Sofyan jalur trans kalimantan di wilayah Kalsel masuk kategori rawan kecelakaan. Tercatat pada 2015 lalu tercatat sebanyak 26 orang tewas akibat kecelakaan selama arus mudik di wilayah ini.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, usai mengikuti rakor kesiapan operasi Ramadiniya 2016 bersama Polda Kalsel kemarin, juga menghimbau warga untuk mewaspadai kondisi kerusakan jalan saat mudik. Pemprov dan Polda Kalsel serta instansi terkait membangun posko pengamanan mudik terpadu di sejumlah titik rawan kecelakaan di wilayah Kalsel. 

0 Response to "Saat Puncak Mudik 2016 Banjarmasin Truk Besar Dilarang Beroperasi"