Latest News

Kementerian LHK Dukung Ekowisata Bekantan

Berita Banjarmasin 2016 - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan perhatian dan mendukung upaya pengembangan kawasan konservasi dan ekowisata bekantan yang dibangun Pemerintah Kabupaten Tapin bekerjasama dengan PT Antang Gunung Meratus (AGM).

Foto Bekantan Banjarmasin


     Hal ini diungkapkan Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Tapin, Zain Ariffin, Jumat (24/6). “Kementerian LHK menaruh perhatian besar dan mendukung upaya Pemkab Tapin mengembangan ekowisata bekantan ini,” tuturnya saat diskusi lingkungan dengan Komunitas Jurnalis Pena Hijau Indonesia.

     Pengembangan ekowisata dan pusat konservasi primata langka bekantan yang dirintis sejak empat tahun terakhir ini, masuk kategori inovasi dalam pemaparan Pemkab Tapin sebagai calon penerima penghargaan Adipura 2016. “Kita berharap keberadaan kawasan konservasi dan ekowisata bekantan ini, akan mengantarkan Tapin meraih adipura,” tambahnya.

Pengembangan kawasan Konservasi Ekowisata Bekantan ini bekerjasama dengan PT AGM. Saat ini Pemkab Tapin mulai membangun infrastruktur jalan sepanjang 14 kilometer dibantu TNI yang pembiayaannya menelan dana sekitar Rp2,7 miliar. Sedangkan infrastruktur dalam kawasan, dilanjutkan pihak perusahaan PT AGM, berupa kegiatan menghutankan kembali kawasan konservasi bekantan seluas 90 hektar.

Menghutankan kembali kawasan hutan rawa gelam yang menjadi habitat hewan bekantan dilakukan untuk mengantisipasi berpindahnya kelompok bekantan ke luar kawasan konservasi. 
Upaya menjaga hewan primata ini juga dilakukan dengan membangun pondok-pondok sebagai tempat penyediaan bahan makanan seperti pisang mentah dan buah-buahan lain untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bekantan.

0 Response to "Kementerian LHK Dukung Ekowisata Bekantan"