Latest News

MUI Keluarkan Seruan Larangan Membakar Hutan dan Lahan

MUI Kalsel
MUI

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan kembali akan mengeluarkan seruan tentang larangan kegiatan membakar hutan dan lahan, menyusul semakin maraknya kebakaran hutan dan lahan, serta dampak kabut asap di wilayah tersebut. Polda Kalsel akan menindak pelaku pembakar hutan dan lahan.
     “Kita akan kembali mengeluarkan seruan tentang larangan membakar hutan dan lahan, sekaligus memperkuat Fatwa MUI tentang haramnya membakar hutan dan lahan karena merugikan masyarakat luas,” tutur Ketua MUI Kalsel, Akhmad Makkie, Selasa (18/8) di Banjarmasin. Sebelumnya, MUI telah mengeluarkan Fatwa tentang haramnya membakar hutan dan lahan, serta ilegal logging.
     Diakuinya, aksi pembakaran hutan dan lahan di Kalsel terus terjadi, sehingga perlu upaya penindakan yang tegas dari aparat hukum. Fatwa MUI ini mendapat dukungan dari Kepala Polda Kalsel, Brigjend Agung Budi Maryoto yang mengatakan pihaknya juga telah membentuk satgas penanganan bencana termasuk kebakaran hutan dan lahan, serta kabut asap.
     “Para pelaku pembakar hutan dan lahan, akan kita tindak tegas dan dijerat ancaman hukuman sesuai ketentuan berlaku,” tegasnya. Pantauan Media, kebakaran hutan dan lahan, serta serangan kabut asap terus bertambah parah di wilayah Kalsel. Tercatat, jumlah ttik api yang muncul mencapai lebih 100 titik atau melonjak tajam dari pekan sebelumnya, hanya 73 titik api.
     Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Sugiono, mengatakan sebenarnya Kalsel sendiri telah memiliki peraturan daerah (Perda) yang mengatur sanksi terharap para pelaku pembakar hutan dan lahan. Kebakaran hutan dan lahan, tidak hanya dilakukan para petani, tetapi juga adanya indikasi keterlibatan perusahaan terutama perkebunan.
     Sugiono mengatakan, jika kondisi kekeringan, kebakaran hutan dan lahan, serta kabut asap bertambah parah maka pihaknya akan melakukan permintaan hujan buatan, serta bom air untuk memadamkan kebakaran kepada BNPB pusat.

0 Response to "MUI Keluarkan Seruan Larangan Membakar Hutan dan Lahan"