Latest News

Lahan Gambut Sekitar Bandara Syamsuddin Noor Terus Terbakar

syamsudin noor
Foto Bandara Syamsudin Noor, Gambar : Wikipedia

Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Selatan terus berlangsung. Kebakaran mulai merambah ratusan hektar lahan gambut di sekitar bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru.
     Kepala Daerah Operasi (DAOP) II Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan BKSDA Kalsel, Zulkarnaen, Rabu (19/8), mengatakan kawasan lahan gambut di sekitar bandara terus terbakar sejak beberapa pekan terakhir. “Saat ini petugas memfokuskan pada upaya pemadaman kebakaran yang terjadi di sekitar bandara,” tuturnya.
     Hampir setiap hari, titik api muncul di kawasan semak belukar dan gambut di sekitar areal bandara Syamsuddin Noor. Kondisi ini berdampak pada kabut asap yang sempat beberapa kali menyelimuti bandara dan mambuat aktifitas penerbangan terganggu. Menurut Zulkarnaen, kebakaran lahan ini tidak selalu dilakukan masyarakat untuk alasan pembersihan lahan pertanian, tetapi juga karena pengaruh cuaca ektrem, dimana suhu pada siang hari di Kalsel mencapai 34 derajat celsius, kelembaban 60 dan kecepatan angin 30 kilometer perjam.
     “Terkadang lahan tersebut terbakar sendiri karena memang cuaca sangat ekstrem,” ungkapnya. Sejauh ini pihak DAOP II penanggulangan kebakaran hutan dan lahan telah memadamkan kebakaran lahan di sekitar bandara seluas 90 hektar, melalui kegiatan patroli rutin tim pemadaman. Sementara luas lahan yang terbakar diperkirakan lebih dari 100 hektar.
     Hingga kini jumlah titik api yang muncul di wilayah Kalsel tercatat hampir 100 titik api. Saat ini Kalsel dalam status siaga I kebakaran hutan dan lahan, serta kabut asap.
     Pada bagian lain, BPBD Banjar mulai mendistribusikan air bersih kepada warga sejumlah desa yang mengalami kekeringan di wilayah tersebut.

0 Response to "Lahan Gambut Sekitar Bandara Syamsuddin Noor Terus Terbakar"