Latest News

Kapal Pengangkut Alat Berat Tenggelam Di Kintap Tanah Laut

Sebuah kapal jenis Land Craft Tank (LCT) 2 Sejoli yang mengangkut alat berat, tenggelam di perairan Kintap, Kabupaten Tanah Laut. Seorang ABK bernama Agus Suprayitno ditemukan tewas dan empat orang lainnya masih dinyatakan hilang.
     Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Banjarmasin, Kolonel Hari Bima Bayuseto, Selasa (11/8), mengatakan peristiwa tenggelamnya kapal LCT 2 Sejoli terjadi pada Selasa (11/8) dinihari sekitar pukul 02.00 wita. “Tim SAR gabungan, masih terus melakukan pencarian korban. Sejauh ini satu orang korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia,” tuturnya.
     Kapal yang mengangkut alat berat milik PT Indo Dharma Transport, Tanah Bumbu ini tenggelam pada posisi 03.53'.935" LS - 115.19.'348" BT  perairan  Kintap, Tanah Laut sekitar satu mil dari pantai. Dari delapan orang ABK kapal, hanya tiga orang yang berhasil diselamatkan, satu orang ditemukan tewas dan empat lainnya masih dilakukan pencarian.
     Kronologis kejadian  pada saat kapal  LCT 2 Sejoli dengan muatan empat buah exavator dan satu buah loader yang sedang berlayar dari Pelabuhan Jorong, Tanah Laut tujuan Sungai Danau, Tanah Bumbu, dihantam ombak di  perairan  Kintap. Terjangan ombak setinggi 3-4  meter tersebut, mengakibatkan  tali leasing loader dan 1 buah exavator sebelah kanan putus dan selanjutnya kapal tebalik dan tenggelam.
Nahkoda kapal bernama Yusuf Adinata bersama dua ABK berhasil selamat dengan cara berenang menuju Tug Boat Entebe Star 30 yang sedang berlabuh di sekitar pantai. Saat ini ABK selamat ditampung di Posmat TNI AL Muara Kintap, Tanah Laut. Sementara upaya pencarian korban masih terus dilakukan.

0 Response to "Kapal Pengangkut Alat Berat Tenggelam Di Kintap Tanah Laut"