Latest News

Kalsel Siaga 1 Kebakaran Hutan dan Lahan

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mencatat jumlah titik api muncul di sejumlah daerah di Kalimantan Selatan terus meningkat. Kalsel saat ini dalam status siaga I kebakaran hutan dan lahan.
     Hal ini dikemukakan, Kepala BKSDA Kalsel, Lukito Andi, Rabu (5/8), salam acara rakor pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar. “Sudah ada 54 titik api yang terpantau di wilayah Kalsel selama kemarau ini. Saat ini Kalsel dalam status siaga I kebakaran hutan dan lahan,” ungkapnya.
Terkait hal ini, BKSDA Kalsel bersama instansi terkait seperti BPBD, Dinas Kehutanan, TNI Polri terus melakukan koordinasi terkait upaya penanganan ancaman kebakaran hutan dan lahan. Sejak beberapa waktu terakhir kegiatan patroli di wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah Kalsel semakin ditingkat.
Kabupaten Banjar dan beberapa kabupaten lain seperti  Barito Kuala,  Tanah Laut, Tapin dan Hulu Sungai Selatan, merupakan daerah rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. “Mayoritas titik api muncul di areal pertanian, akibat para petani melakukan pembakaran pasca panen dan di wilayah rawa lebak petani membuka areal pertanian,” ucap Zulkarnaen, Kepala DAOP II Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kalsel.
     Diakuinya, memang sulit untuk menghilangkan aksi membakar lahan yang dilakukan para petani karena sudah menjadi budaya. Terlebih dengan cara membakar, maka pembersihan lahan pertanian lebih mudah dan murah, selain alasan menambah tingkat kesuburan tanah.
    Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, untuk kebakaran hutan dan lahan di Kalsel sepanjang 2014, mencapai luasan 5.522 hektar, terdiri dari 329 hektar areal kawasan hutan, 2.811 hektar areal lahan APL dan 2.662 hektar areal perkebunan. Jumlah titik api yang muncul di wilayah Kalsel sebanyak 1.519 titik atau jauh meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 489 titik api pada 2013.
     Selain kebakaran hutan dan lahan, kekeringan juga menjadi ancaman serius sejumlah wilayah di Kalsel.

0 Response to "Kalsel Siaga 1 Kebakaran Hutan dan Lahan"