Latest News

Kalsel Minta Hujan Buatan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan akan mengajukan permintaan hujan buatan, menyusul ancaman semakin parahnya kondisi kekeringan akibat kemarau di wilayah tersebut.
     Kepala BPBD Kalsel, Sugiono, Kamis (13/8), mengatakan saat ini kondisi kekeringan kian meluas terjadi di sejumlah kabupaten. “Beberapa daerah telah melaporkan mengalami kekeringan yang mulai berdampak pada kelangkaan air bersih dan pertanian,” tuturnya.
     Menurut catatan BPBD Kalsel beberapa daerah yang dilanda kekeringan antara lain, Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut dan Hulu Sungai Selatan. BPBD sendiri telah melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota serta instansi terkait guna mengatasi kekeringan ini.
     Sejauh ini penanganan kekeringan ini masih ditangani pemerintah kabupaten/kota, melalui bantuan penyaluran air bersih kepada masyarakat, serta kegiatan pompanisasi untuk bidang pertanian. Namun, BPBD Kalsel berencana meminta hujan buatan kepada BNPB menyusul kondisi kekeringan yang semakin meluas.
     “Kita masih memantau kondisi di lapangan, jika kekeringan semakin parah maka segera kita akan mengajukan permintaan hujan buatan,” ujarnya. Selain itu, menurut Sugiono pihaknya juga masih memantau kemungkinan dilakukannya pemadaman kebakaran hutan dan lahan lewat udara (water bombing).
     Hingga kini sebaran titik api yang muncul di wilayah Kalsel sebanyak 73 titik. Sedangkan, luas lahan pertanian yang dilanda kekeringan seluas 9.000 hektar, dengan jumlah tanaman padi mengalami kerusakan (puso) sekitar 200 hektar.
     Penjabat  Gubernur Kalsel, Tarmizi Abdul Karim menyatakan, meskipun mengalami kekeringan,  produksi padi Kalsel tidak terpengaruh. “Saya optimis meski ada sebagian lahan padi yang terkena dampak kekeringan, tetapi tidak akan berpengaruh terhadap produksi padi di Kalsel, karena jumlahnya hanya sekitar 9.000 hektar,” ujarnya.
     Bahkan,  musim kemarau di Kalsel membawa berkah tersendiri bagi petani yang ada di kawasan rawa lebak, karena potensi lahan lebak di Kalsel yang bisa dimanfaatkan lebih dari 100 ribu hektar.
   
Klik di sini untuk Balas atau Teruskan

0 Response to "Kalsel Minta Hujan Buatan"