Latest News

Jelang Idul Adha 2015 Stok Sapi Kalsel Kurang

Sapi Idul Adha Kalsel

Stok sapi di Kalimantan Selatan masih kurang untuk memenuhi kebutuhan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha mendatang. Dalam waktu dekat sebanyak 4.000 ekor sapi dari sejumlah daerah akan didatangkan ke Kalsel.

     Kepala Dinas Peternakan Kalsel, Sabri Madani, Jumat (14/8), mengatakan stok sapi yang ada di Kalsel hanya separuh dari kebutuhan sapi untuk keperluan qurban sebanyak 10.000 ekor. “Stok sapi saat ini yang tersebar di berbagai daerah hanya 5.000ekor, sehingga Kalsel perlu mendatangkan sapi dari luar daerah,” tuturnya.

     Dalam waktu dekat dikatakan Sabri, pihaknya akan mendatangkan sebanyak 4.000 ekor sapi dari beberapa daerah sentra ternak sapi seperti Nusa Tenggara Barat (NTB), Madura, Jawa Timur, Sulawesi, dan Bali. Diakuinya, kekurangan stok sapi di Kalsel ini terjadi setiap tahun saat menjelang Idul Adha.

     Selain sapi, Kalsel juga kekurangan kambing yang juga banyak didatangkan dari daerah sentra ternak tersebut. Di Kalsel, Kabupaten Barito Kuala dan Tanah Laut, serta Tanah Bumbu merupakan daerah penghasil sapi terbesar. “Permintaan sapi ke luar daerah ini, hanya terjadi pada saat idul adha, sementara pada hari normal kebutuhan daging sapi masyarakat dapat dipenuhi peternak lokal,” tambahnya.

     Seperti daerah lain di tanah air, harga daging sapi di Kalsel juga melonjak mencapai sekitar Rp120.000 perkilogram. Yang terpenting menurut Sabri, adanya kecukupan kebutuhan daging sapi masyarakat.

     Disamping itu, mayoritas masyarakat Kalsel lebih gemar makan daging ayam ketimbang daging sapi. Diketahui 65-70persen warga Kalsel, lebih suka makan daging ayam.

0 Response to "Jelang Idul Adha 2015 Stok Sapi Kalsel Kurang"