Latest News

Batu Bara Anjlok Pengaruhi Bisnis Alat Berat di Kalsel

Salah satu sektor yang ikut terpengaruh akibat anjloknya bisnis batubara adalah bisnis alat berat. PT Trakindo Utama mulai menjajaki peluang pengembangan bisnis alat berat selain batubara.
     “Bisnis usaha alat berat, merupakan sektor yang ikut terpengaruh akibat merosotnya bisnis batubara belakangan ini,” ungkap Chief Administration Officer Trakindo, Maria T Kurniawati, Rabu (5/8), usai menyerahkan beasiswa Trakindo kepada 23 siswa SMK dari berbagai daerah untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri Banjarmasin.
     Namun menurut Maria, turun naik bisnis batubara ini merupakan hal yang wajar, tinggal bagaimana pelaku usaha menghadapinya dengan menerapkan beragam strategi. Bahkan pihaknya tetap optimis bisnis alat berat ini ke depan akan semakin membaik.
     Hal serupa juga disampaikan Manager Cabang PT Trakindo Utama Banjarmasin, Akbar Saleh yang mengatakan persaingan dalam bisnis alat berat ini cukup ketat terlebih disaat kondisi pertambangan batubara terpuruk seperti sekarang ini. “Booming alat berat ini terjadi pada sekitar 2006, tetapi mengalami penurun cukup tajam dalam tahun-tahun terakhir ini,” tuturnya.
     Kondisi ini dikatakan Akbar cukup berpengaruh pada usaha PT Trakindo Utama dimana pasca anjloknya sektor perkayuan, penjualan alat berat untuk industri pertambangan menjadi andalan. Perusahaan penyalur alat berat merk cartepilar ini, selain menjual produk alat berat dan menyediakan penyewaan alat berat.
     “Ada ratusan pelanggan kita, tetapi sebagian dari mereka memilih menghentikan sementara usahanya, akibat kondisi bisnis batubara yang masih terpuruk,” ucapnya. Namun demikian pihaknya tetap optimis dalam tahun-tahun mendatang bisnis batubara akan kembali pulih dan berimbas pada kembali bergairahnya bisnis alat berat.
     Lebih jauh dikemukakan Akbar, peluang bisnis alat berat sebenarnya masih terbuka lebar dan tidak tergantung dengan batubara saja, karena sektor lain seperti perkebunan dan adanya rencana penambangan selain batubara seperti emas di Kalimantan dinilai menjadi pangsa pasar besar bagi bisnis sarat modal ini.

0 Response to "Batu Bara Anjlok Pengaruhi Bisnis Alat Berat di Kalsel"