Latest News

27 Varietas Unggulan Nasional Ada di Kalimantan Selatan

Provinsi Kalimantan Selatan memiliki puluhahan varietas lokal tanaman pangan dan holtikultura yang kini telah menjadi unggulan nasional.
     Demikian disampaikan, Kepala Balai Penelitian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel, Adriana, Senin (3/8). “Varietas unggulan Kalsel ini sudah dilepas sejak 1990 dan telah didaftarkan ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman,” ungkapnya.
     Tercatat ada 27 varietas unggulan Kalsel yang terdiri dari tujuh varietas tanaman pangan dan 20 varietas holtikultura. Dari 20 varietas holtikultura tersebut ada 17 dari jenis buah-buahan, ditambah varietas sayuran, tanaman hias dan biofarmaka masing-masing satu varietas.
     Menurut Adriana, tidak hanya sampai disitu pihaknya masih terus melakukan pengkajian dan observasi varietas lokal lain yang dapat dijadikan varietas unggulan nasional. Beberapa vareitas unggulan Kalsel ini namanya sudah sangat populer di Indonesia antara lain padi siam mutiara dan siam saba.
     Padi Siam Mutiara yang merupakan jenis padi spesifikasi premium dengan harga tertinggi di Kalsel, berasal dari Desa Anjir, Kabupaten Barito Kuala. Sedangkan padi Siam Saba berasal dari Aluh-aluh, Kabupaten Banjar.
     Beras lokal Kalsel ini mempunyai kadar karbohidrat yang rendah hanya 48,8 persen jauh dibawah beras lainnya mencapai 80 persen. Padi jenis ini juga mempunyai keunikan dapat tumbuh subur di lahan rawa tanpa pupuk kimia namun mampu berproduksi hingga 8 ton gabah perhektar

0 Response to "27 Varietas Unggulan Nasional Ada di Kalimantan Selatan"