Latest News

Tari Baksa Kembang Penyambut Tamu Agung Khas Banjar

Baksa Kembang

Beritabanua.com Sejarah Tari Baksa Kembang - Tarian ini adalah tarian klasik yang dulunya muncul dan berkembang di keraton Banjar. pada msa keraton an banjar Tarian baksa Kembang di lakukan oleh para Puti - Putri dari Keraton tersebut.seiring berjalannya waktu tarian ini mulai menyebar ke seluruh pelosok Keraton banjar dan panarinya adaah para Galuh dari Keraton Banjar.

Tarian ini dipertunjukkan dengan tujuan untuk menghibur keluarga Keraton dan untuk menyanbut kedatangan para tamu agung dari negeri tetangga.pdada saat ini fungsi dari tarian ini tak jauh berbeda yaitu untuk menyambut pra tamu nasional atau kenegaraan yang berkunjung.dan adpa ppula yang mempertunjukkan tarian ini pada saat pesta keluarga,seperti Pernikahan,Khitanan dan lain sebagainya.

Adapun aksesoris yang sering digunakan dalam tarian ini atara lain kalau untuk di akai di tangan mereka menyebutnya dengan kembang Bogam yaitu merupakan rangkaian dari berbagai jenis bunga diantaranyaKbunga mawar,bunga kantilbunga melati,dan bunga kenanga.Dimana Kembang Boga ini nantinya akan di hadiahkan kepada para tamu kehormatan yang saat itu hadir.

Secara umum tarian ini menggambarkan Para Putri yang anggun, cantik yang sedang bermain - main di taman bunga yang dengan riangnya mereka memetik bunga - bunga itu lalu membawanya dengan menari - nari dengan sambil dirangkai menjadi kembang bogam.
Tarian baksa Kembang juga memakai Mahkota yang disebut dengan Mahkota Gajah Gemuling yang di tatah oleh Kembang Goyang dengan seuntai Kembang bogam kecil berukuran kecil di atasnya dan dengan seuntai anyaman yang terbuat dari daun kelapa muda yang disebut Halilipan.

Jumlah penari dari Tarian Baksa Kembang sendiri biasanya berjumlah ganjil.dimana saat menari mereka di iringi dengan gamelan yang beriarama lagunya yang sudah baku,yaitu seperti Lagu Ayakan danJangklong atau sering disebut Kambang Murni.

Jenis atau Versi Tarian Baksa Kembang ini beragam menurut keturunan maasing - masing mempunyai gaya tersendiri,namun tak menghilangkan dari ciri khas tarian itu sendiri.adapun ciri khas dari tarian Baaksa Kembang itu sendiri adalah  Lagureh,Tapung Tali,Kijik,Juanang.

0 Response to "Tari Baksa Kembang Penyambut Tamu Agung Khas Banjar"