Latest News

Ribuan Hektar Tanaman Padi di Kalsel Terancam Kekeringan

Musim kemarau panjang yang melanda wilayah Kalimantan Selatan sejak beberapa waktu terakhir, menyebabkan tidak kurang dari 9.000 hektar areal tanaman padi di sejumlah kabupaten terancam kekeringan. Para petani andalkan pompanisasi untuk menyelamatkan areal pertanian dari ancaman kekeringan.

     Hal ini dikemukakan, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kalsel, Faturahman, di sela-sela kegiatan rapat koordinasi pengendalian OPT dan Kekeringan, Rabu (29/7) di Banjarmasin. “Musim kemarau tahun ini cukup ekstrim, sudah ada laporan dari sejumlah kabupaten mengenai ancaman kekeringan melanda lahan pertanian terutama tanaman padi,” ucapnya.

     Tercatat sedikitnya 9.000hektar areal tanaman padi di sejumlah kabupaten seperti Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong dan Barito Kuala dilanda kekeringan. Sebagian tanaman padi yang diperkirakan mencapai 200 hektar telah dinyatakan puso.

     Untuk mengatasi ancaman kekeringan ini, dinas pertanian kabupaten dan provinsi telah menggelontorkan dana bantuan untuk kegiatan pompanisasi guna membantu petani. “Kegiatan pompanisasi ini diharapkan dapat mencegah areal pertanian dari kekeringan, tetapi pompanisasi hanya dapat dilakukan pada areal berdekatan dengan sungai. Sementara lahan yang jauh dari sumber air mengalami kesulitan,” tuturnya.

     Dikemukakan Faturahman, secara keseluruhan luas lahan yang terancam kekeringan ini tidak berpengaruh banyak pada tingkat produksi padi Kalsel. Saat ini luas areal tanam Kalsel hingga Juli 2015 mencapai 312.000hektar. Sedangkan hingga akhir tahun luas tanam Kalsel ditargetkan mencapai 510.000hektar atau naik 8 persen dari tahun sebelumnya.

     Demikian juga dengan tingkat produksi padi diperkirakan meningkat dari 2,098 juta ton GKG pada 2014 menjadi 2,26 juta ton pada 2015. Selain ancaman kekeringan, areal tanaman padi Kalsel juga mengalami serangan hama seluas 8.135,6 hektar dan bencana banjir seluas 6.184,4 hektar.

0 Response to "Ribuan Hektar Tanaman Padi di Kalsel Terancam Kekeringan"