Latest News

Macam-Macam Makanan Khas Banjar Yang Unik Namun Lezat

Kumpulan Makanan (Kuliner Khas Banjar) - BeritaBanua.com Banjarmasin, ibukota Kalimantan Selatan yang dikenal dengan sebutan Kota Seribu Sungai, memiliki beragam kuliner khas berbahan baku hasil sungai. Kuliner khas suku Banjar ini, kenikmatannya terkenal hingga ke mancanegara.
Dengan cita rasa yang menggoda, kuliner khas Banjar banyak diburu para wisatawan dalam dan luar negeri, selain masyarakat Kalsel sendiri. Di sisi lain, masyarakat Kalsel juga dikenal dengan masyarakat yang suka makan di luar rumah atau sering disebut Mawarung, membuat bisnis kuliner di Bumi Antasari ini cukup menjanjikan.
Di Kota Banjarmasin, maupun di wilayah lain terutama di sepanjang ruas jalan Trans Kalimantan banyak bermunculan warung dan rumah makan yang menyediakan menu khas banjar, meski pemiliknya belum tentu orang banjar. Salah seorang penikmat kuliner khas banjar ini adalah, Gusti Chairansyah.
Direktur Perusda Kabupaten Banjar ini, bersama keluarga acap kali berburu makanan khas banjar hingga ke pelosok kabupaten di Kalsel. “Hampir semua masakan khas banjar saya suka, terutama masakan ikan dan udang sungai,” tuturnya.
Menu khas ikan sungai umumnya berupa ikan patin, seluang, haruan, baung, jelawat, lais serta udang gala. Menu ikan ini, disajikan dengan aneka masakan seperti pais (pepes), goreng , bakar maupun dicampur dalam sayuran (gangan). 
Untuk ikan jenis jelawat dan lais, harganya cukup mahal karena saat ini mulai sulit didapat. Adapula, sajian anakan ikan (anak ikan sungai) yang umumnya di pepes. Meski ada larangan untuk penangkapan anak ikan ini, namun beberapa rumah makan masih menyajikan menu anakan ikan ini.
Sementara sayuran khas banjar juga beragam. Ada sejumlah menu sayuran khas banjar yang banyak digemari orang antara lain, Gangan Asam yaitu campuran sayuran seperti timun, kacang panjang, tomat dan kol dengan kuah asam. Gangan ini biasanya disertai lauk ikan sungai seperti ikan haruan (gabus) atau patin. Kuah bersayur dengan warna kuning dan rasa agak asam, sesuai namanya ini, banyak disukai masyarakat Banjar dan warga pendatang. Paduan antara gurih, asam dan segar sangat menggugah selera. 
Garih Balamak yaitu sayuran dengan kuah santan yang dicampur ikan kering haruan (garih), bisa juga diganti ikan asin lainnya atau telur. Sayuran khas banjar ini, kerap pula dicampur singkong, pisang dan labu. Selain itu ada iwak karing (ikan asin) telang masak asam. Ikan asin telang merupakan jenis ikan asin yang banyak digemari masyarakat Banjar.
Kuliner khas banjar ini lebih enak disantap dengan nasi panas dan sambal pedas dari cabe segar (rawit) dicampur dengan jeruk atau mangga muda. Yang tak kalah unik sebagai tambahan lauk saat makan bagi masyarakat Banjar adalah Mandai. Mandai berasal dari kulit buah seperti nangka, tiwadak (cempedak) dan tarap (buah khas Kalimantan). 
Jika di banyak daerah kulit buah nangka dan cempedak biasanya hanya dibuang. Oleh masyarakat Banjar, kulit buah ini diolah menjadi lauk yang sangat enak. Kulit dari buah yang sudah matang dibersihkan kulit dari luarnya, daging kulit di taburi garam dan didiamkan beberapa hari. Setelah itu sudah siap masak. 
Ragam kuliner ini menambah daftar panjang menu makanan khas masyarakat banjar, selain soto banjar dan ketupat kandangan yang sudah lebih dulu banyak dikenal orang. disamping itu, masyarakat Banjar juga memiliki puluhan macam panganan atau disebut wadai. Aneka wadai ini sering dinamai wadai 41 macam.
Seiring perkembangan jaman, beberapa jenis wadai sudah sulit ditemui. Aneka wadai khas Banjar antara lain Bingka, Bingka barandam, Kararaban, Kikicak, Bulungan hayam, Kelalapon, Cingkarok satu, Wajik, Apam, Undi-undi, Untuk-untuk, Sarimuka. 
Adapula Wadai lapis, Cincin, Cucur, Lamang, Cakodok, Gaguduh, Ronde, Ilat sapi, Garigit, Sasagun, Lupis, Pais pisang, Hintalu karuang, Wadai satu, Gincil, Katupat balamak, Bubur sagu, Serabi, Putri salat, Patah, Pais sagu, Pais waluh, Dadar gulung, Agar-agar habang, Wadai gayam, Amparan tatak, Pundut, Ipau dan Gagatas. Adapula, Sarimuka, Nangka Susun, Pelangi, Lapis India dan Hula-hula.

0 Response to "Macam-Macam Makanan Khas Banjar Yang Unik Namun Lezat"