Latest News

(Foto) Jalan Margasari Longsor, Tiga Bangunan Hanyut 30 Juli 2015

margasari longsor
margasari longsor

Bencana longsor kembali terjadi di ruas jalan berstatus jalan nasional di Kalimantan Selatan. Kamis (30/7) dini hari, ruas jalan nasional di Desa Margasari, Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin mengalami longsor sepanjang puluhan meter.
     Bupati Tapin, Ariffin Arfan bersama Dinas Pekerjaan Umum setempat langsung turun ke lapangan meninjau lokasi bencana longsor yang menyebabkan tiga buah bangunan masing-masing toko alat tulis, toko klontong dan rumah makan hanyut ke sungai. Informasi dihimpun, longsor yang terjadi sekitar pukul 02.00 Wita tersebut mengagetkan warga setempat, karena jalan longsor menimbulkan bunyi gemuruh yang keras.
     Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kondisi jalan utama yang menjadi akses warga menuju ibukota kabupaten terputus, karena longsor menyebabkan jalan terputus. Saat ini Pemkab Tapin bersama warga setempat berupaya membuat jalan alternatif agar transportasi warga kembali normal. “Kita berharap pemerintah pusat, turun tangan membantu penanganan jalan yang longsor ini,” tutur Bupati Tapin.
     Sebelumnya, jalan nasional di Desa Pugaan, Kabupaten Tabalong mengalami amblas atau mengalami penurunan badan jalan. Kondisi amblasnya jalur alternatif ini  menyebabkan badan jalan terputus dan arus lalu lintas terganggu.
     Penurunan badan jalan sedalam lebih dari setengah meter sepanjang 100 meter tersebut, menyebabkan aspal badan jalan terputus. Meski bukan jalur utama trans kalimantan yang menghubungkan Kalsel dan Kaltim, jalan nasional dibangun dengan dana APBN ini merupakan jalur alternatif menghubungkan wilayah Kabupaten Tabalong dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara serta kabupaten lain di wilayah provinsi Kalimantan Tengah.
     Di Kabupaten Balangan, sejumlah titik ruas jalan trans kalimantan yang longsor sejak setahun lalu hingga kini belum tuntas diperbaiki. Bupati Balangan, Seffek Effendi, mengatakan ruas jalan Ahmad Yani di Kecamatan Paringin depan perkantoran Pemerintah Kabupaten Balangan mengalami longsor, beberapa waktu lalu, dalam pekerjaan perbaikan.
     Longsor terjadi di lima titik pada dua lajur ruas jalan berstatus jalan nasional tersebut. Longsor membuat badan jalan runtuh dengan lobang lebar menganga dan berbahaya. Pemkab setempat terpaksa menutup ruas jalan yang terkena longsor, sehingga arus lalu lintas pada jalan dua jalur dengan lebar 16 meter itu, harus zig zag untuk menghindari longsor.
    Selain karena hujan longsor terjadi karena pengaruh kontur tanah perbukitan dan curam di Balangan.  Selain itu ada puluhan titik rawan longsor yang berada di sepanjang jalur alternatif kaki pegunungan Meratus menghubungkan Lumpangi, Kabupaten Hulu Sungai Selatan menuju Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu.

FOTO FOTO JALAN MARGASARI LONGSOR




0 Response to "(Foto) Jalan Margasari Longsor, Tiga Bangunan Hanyut 30 Juli 2015"