Latest News

Berita Pilkada Kalsel 2015 : Pendaftaran Ditolak Calon Golkar Gugat KPU

Bakal calon Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Selatan dari Partai Golkar kubu Agung Laksono berencana menggugat KPU Kalsel menyusul ditolaknya pendaftaran pasangan Gusti Iskandar-Karyono Ibnu Ahmad.
     “Kita melalui tim kuasa hukum partai golkar merasa dirugikan dan menggugat KPU Kalsel,” tegas Gusti Iskandar, Rabu (29/7) di Banjarmasin. Menurutnya, keputusan KPU yang tidak menerima pendaftaran calon pilkada usungan Partai Golkar kubu Munas Ancol, dinilai telah mencederai hak konstitusional mereka untuk bisa keluar sebagai pemimpin masa depan Kalsel.
     Ada dua gugatan yaitu terkait dikeluarkannya berita acara penolakan pendaftaran dan gugatan inmaterial kepada pribadi yang merasa dirugikan. Gugatan tersebut akan dilayangkan dalam waktu dekat.
Pihaknya meyakini bahwa seluruh syarat pendaftaran yang diajukan timnya ke KPU telah memenuhi syarat, antara lain dengan adanya SK Kemenkumham, yang menyebutkan bahwa partai Golkar hasil Munas Ancol yang diakui. Seharusnya, kata dia, SK yang secara resmi dikeluarkan oleh Kemenkumham tersebut menjadi salah satu pertimbangan untuk diterimanya berkas pendaftaran Golkar, untuk ikut dalam Pilkada Kalsel 9 Desember 2015.
     Sebelumnya, pihak KPU telah menolak Golkar kubu Munas Bali. Pantauan Media, sejumlah calon usungan partai golkar di Kalsel juga ditolak KPU kabupaten/kota seperti Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar. Sementara di lima kabupaten/kota lain calon usungan partai golkar berkoalisi dengan sejumlah partai lain sehingga tidak berpengaruh terhadap pencalonan calon.
Di Kalsel selain tingkat provinsi, pilkada akan dilaksanakan serentak untuk lima kabupaten dan dua kota.
Ketua KPU Kalsel Samahuddin Muharam mengatakan, pada dasarnya KPU juga memiliki keinginan kuat, agar Golkar bisa mengusung calonnya, karena pertai berlambang beringin merupakan partai yang cukup idial untuk mengikuti Pilkada karena bisa mengusung calon tanpa koalisi.
    Tim Golkar dari kedua kubu, sama-sama tidak diterima karena tidak menyertakan surat pernyataan diusung oleh Golkar dari kedua kubu yang ditandatangani oleh Golkar pusat.

0 Response to "Berita Pilkada Kalsel 2015 : Pendaftaran Ditolak Calon Golkar Gugat KPU"